Mana yang Lebih Cepat? Windows 10 atau OS X?

Windows dan OS X bisa dibilang dua sistem operasi desktop paling populer di dunia saat ini. Jika ngomongin masalah popularitas, tentu saja W...

Windows dan OS X bisa dibilang dua sistem operasi desktop paling populer di dunia saat ini. Jika ngomongin masalah popularitas, tentu saja Windows jauuuh lebih populer. Namun, apakah itu berarti Windows lebih baik di berbagai area? Untuk masalah ketersediaan software, tentu saja Windows lebih banyak karena dukungan developer yang banyak. Begitu pula dengan ketersediaan varian malware hehehe… Lalu bagaimana dengan urusan performa?
Performa menjadi permasalahan tersendiri bagi beberapa orang. Ada yang bilang Windows punya kinerja yang lebih lambat. Ada yang bilang Windows punya kinerja yang sangat cepat. Padahal mereka membandingkannya di perangkat yang berbeda pula. Perbandingan menjadi tidak adil. Begitu juga membandingkan Windows dan OS X.
Untuk membuktikan perbandingan dengan lebih adil, saya akan menggunakan perangkat yang sama. Saya menggunakan MacBook Pro Retina Display 2015 yang terinstall OS X El Capitan dan Windows 10 melalui Boot Camp. Menginstall Windows melalui Boot Camp akan mengubah mesin Mac menjadi PC seperti pada umumnya. Jadi, perbandingan ini akan jauh lebih fair untuk kedua belah pihak.
Aplikasi atau program yang saya gunakan adalah Geekbench 3. Mengapa saya menggunakan aplikasi ini? Karena aplikasi ini tersedia di Windows maupun OS X. Aplikasi ini juga sangat populer digunakan untuk mengukur benchmark berbagai perangkat, mulai dari PC, Komputer Mac, hingga smartphone.
Bagaimanakah hasilnya?
Berikut ini adalah hasil untuk OS X
Nah bisa kamu lihat sendiri. OS X mendapatkan skor lebih tinggi, baik single-core maupun multi-core. Ini berarti OS X bisa berjalan lebih cepat dengan mesin yang sama. Apakah karena OS X dan MacBook dibuat oleh perusahaan yang sama, yaitu Apple? Mungkin juga, namun Apple juga sering banget kok update driver-drivernya untuk Windows. Ini ini yang saya suka, ketika produsen-produsen PC lain “agak malas” atau bahkan “benar-benar” malas mengupdate driver untuk Windows, Apple malah sangat rajin mengupdatenya.
Meskipun OS X mendapatkan skor lebih tinggi, namun sebenarnya saya juga tidak mendapati perbedaan yang berarti. Saya tetap bisa bermain-main dengan Photoshop, Visual Studio 2015, hingga bermain Pro Evolution Soccer :v. Jadi overall, OS X dan Windows sebenarnya tidak terlalu besar perbedaannya dalam urusan performa.
Bagaimana menurutmu? Kamu yang punya MacBook bisa dong dicoba hehehee..

COMMENTS

Nama

Berita Download Review Tutorial
false
ltr
item
WIN2POIN: Mana yang Lebih Cepat? Windows 10 atau OS X?
Mana yang Lebih Cepat? Windows 10 atau OS X?
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgJ7KgiAximzRPOErzTXZqXbPGHkTDsmSq8FdZVTmoR8f_buDjKm39cqy3jHbshDxlc68RPExE5rGxqh7Y-E2q7rVF7EYLhDDWNRCM6PuljWqBlL68cnZSdznzOQ7yxjha8_K4FK8O6B6E/s640/Screenshot_102.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgJ7KgiAximzRPOErzTXZqXbPGHkTDsmSq8FdZVTmoR8f_buDjKm39cqy3jHbshDxlc68RPExE5rGxqh7Y-E2q7rVF7EYLhDDWNRCM6PuljWqBlL68cnZSdznzOQ7yxjha8_K4FK8O6B6E/s72-c/Screenshot_102.jpg
WIN2POIN
https://win2poin.blogspot.com/2016/05/mana-yang-lebih-cepat-windows-10-atau.html
https://win2poin.blogspot.com/
http://win2poin.blogspot.com/
http://win2poin.blogspot.com/2016/05/mana-yang-lebih-cepat-windows-10-atau.html
true
7968818499211677822
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy